Tentang desa

Desa Beluk Ares:
    Kelurahan / Desa      Beluk Ares
    Kecamatan      Ambunten
    Kabupaten / Kota      Kab. Sumenep
    Provinsi      Jawa Timur
    Kode Pos      69455

 
Geografis desa Beluk Ares:
Desa Beluk Ares merupakan salah satu desa terletak di Kecamatan Ambunten yang memiliki luas wilayah 148,78 hektar, yang terdiri dari 3 dusun yaitu : Dusun Ares Laok, Dusun Ares Tenga dan Dusun Ares Dajah.
 
Letak:



Orbitasi (jarak dari pemerintahan desa):
Jarak ke Kecamatan 5 km, Lama tempuh Kecamatan 15 menit.
Jarak ke Kabupaten 25 km, Lama tempuh ke Kabupaten 44 menit.

Batas desa:

  • Sebelah Utara Laut Jawa 
  • Sebelah Selatan Desa Beluk Kenek 
  • Sebelah Timur Desa Beluk Kenek 
  • Sebelah Barat Desa Campor Timur
 
Adapun pola pembangunan lahan di desa Beluk Ares sendiri lebih di dominasi dengan kegiatan pertanian sebab memiliki luas lahan pertanian sebesar 131, 83 hektar. Pengolahan lahan di Desa Beluk Ares terdiri dari lahan persawahan, lahan untuk perkebunan dan pemukiman penduduk.


Sejarah desa Beluk Ares:
Berdasarkan cerita para sesepuh maupun masyarakat desa yang bertempat di desa Beluk Ares, mengisahkan bahwa awal mula nama Desa Beluk Ares yang terdiri dari 2 kata yaitu Beluk dan Ares. Kata Beluk memiliki arti ”Belut” sedangkan Ares memiliki arti “Licin”. Sebelum terbentuknya Desa Beluk Ares ini terdapat kerajaan Besar yang bernama Kerajaan Mandrapura, Di dalam kerajaan tersebut ada sebuah sungai yang terletak pada perbatasan Beluk Ares dengan Campur, didalam sungai terdapat seekor ikan belut yang sulit di tangkap dan sangat licin, dengan itu maka masyarakat setempat memberikan nama dengan sebutan Desa Beluk Ares. Selain itu di Desa Beluk Ares memiliki pantai yang sangat luas, dan dipantai tersebut terdapat sebuah Goa. Ada sebuah cerita dimana terdapat seekor ayam masyarakat dari Beluk Ares yang masuk kedalam Goa, kemudian masyarakat mengikuti ayam masuk kedalam goa. Dengan itu masyarakat mengikuti ayam masuk kedalam Goa dan ternyata goa tersebut sampai berujung pada Daerah Jember. oleh sebab itu masyarakat desa memberikan nama dengan sebutan  Pantai Taneros, yang artinya pantai yang panjang sampai berujung di  daerah lainnya yaitu daerah Kabupaten Jember. 
Dengan adanya pantai tersebut masyarakat condong dalam mengembangkan pantai untuk di jadikan sebagai wisata di daerah masyarakat Desa Beluk Ares, sebagai sumber pendapatan sampingan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat setempat.




Demografi desa Beluk Ares:
Jumlah penduduk di Desa Beluk Ares dari tahun ke tahun sedikit mengalami peningkatan. Besarnya jumlah penduduk akibat pertumbuhan penduduk serta tidak meratanya penduduk di setiap dusun. Masalah jumlah penduduk perlu diperhatikan sebab penduduk sebagai sumber daya ekonomi, selain sebagai modal dasar pembangunan juga merupakan objek bagi pembangunan. Jumlah penduduk Desa Beluk Ares pada tahun 2016 sendiri sebesar 1.016 jiwa. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAHASISWA KKN UTM GELAR PEMERIKSAAN DAN PENGOBATAN GRATIS KEPADA WARGA DESA

MAHASISWA INOVASIKAN KELAPA MENJADI PRODUK UNGGULAN